Beranda > Uncategorized > UNSUR DAN DINAMIKA KEPRIBADIAN HUMANISTIK ROGERS

UNSUR DAN DINAMIKA KEPRIBADIAN HUMANISTIK ROGERS

A.    Unsur Kepribadian

Latipun (2010: 61)  Rogers mengungkapkan bahwa terdapat tiga unsur yang sangat esensial dalam hubungannya dengan kepribadian, yaitu; self, medan fenomenal, organisme.

Selft merupakan persepsi dan nilai-nilai individu tentang dirinya atau hal-hal yang lain yang berhubungan dengan dirinya. Self meliputi dua hal yaitu;

  1. real self merupakan gambaran yang sebenarnnya tentang dirinya yang nyata.
  2. Ideal self merupakan apa yang menjadi kesukaan, harapan, atau yang idealisasi tentang dirinya.

Medan fenomenal (fenomenal field) merupakan pengalaman keseluruhan pengalaman seseorang yang diterimanya baik yang disadari maupaun tak disadari. Pengalaman itu sendiri dapat dibedakan menjadi dua yaitu; pengalaman internal dan pengalaman eksternal.

Organisme merupakan keseluruhan totalitas individu, yang meliputi pemikiran, perilaku, dan keadaan fisik. Organisme mempunyai kecenderungan dan dorongan dasar, yaitu mengaktualisasikan, mempertahankan dan mengembangkan diri.

B.     Dinamika keperibadian

Pertumbuhan dan perkembangan menuju kematangan tidak terjadi secara otomatis. Proses itu memerlukan usaha yang banyak. Menurut Rogers motivasi akan aktualisasi diri lebih besar darupada sakit yang diderita untuk mencapainya. Contohnya seoranga naka yang  sedang belajar berjalan pasti selalu mengalami jatuh bangun, tetapi ketika dia diberikan tepukan tangan ketika berhasil melangkah, dia kan berjalan untuk mengalahkan rasa sakit.

Latipun (2010: 62) mengungkapkan ada tiga dinamika kepribadian yaitu:

  • Kecenderungan mengaktualisasi

Manusia berkecenderungan untuk mengaktualisasikan diri yaitu untuk mengembangkan seluruh kemampuannya dengan jalan memelihara dan meningakatkan organisme ke arah otonomi

  • Penghargaan positif dari orang lain

Self berkembang dari interaksi yang dilakukan oleh organisme dengan realitas lingkungannya, dan hasil interaksi ini menjadi pengalaman individu. Lingkungan sosial yang sangat berpengaruh adalah orang-orang yang bermakna baginya. Seseorang akan berkembang secara positif jika didlam berinteraksi itu mendapat penghargaan, penerimaan, dan cinta daari orang lain (positif regerd).

  • Person yang berfungsi secara utuh

Latipun (2010: 62) Individu yang terpenuhi kebutuhannya yaitu memperoleh penghargaan positive tanpa syarat dan mengalami penghargaan diri,akan dapat mencapai kndisi yang kongruensi antara self dengan pengalamannya. Pada akhirnya dia akan mencapai penyesuaian psikologis secara baik.

Sumber:

Latipun. 2010. Psikologi Konseling. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press

Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: