Beranda > Uncategorized > PENGERTIAN PROFESI

PENGERTIAN PROFESI

Konselor adalah orang yang profesional ,artinya secara formal mereka telah disiapkan oleh lembaga atau institusi pendidikan yang berwenang. Profesi konselor adalah pelayanan social yang unik berdasarkan tehnik-tehnik

“Profesi “adalah suatu jabatan pekerjaan yang menuntut keahlian dan para petugas. artinya, pekerjaan yang disebut profesi, tidak bias dilakukan oleh orang yang tidak terlatih dan tidak disiapkan secara khusus  terlebih dahulu untuk melakukan pekerjaan itu.

“Profesional” menunjukkan kepada dua hal, pertama, orang yang menyandang suatu profesi, orang  tersebut benar-benar ahli, maka disebut seorang profesional, yang kedua penampilan seseorang dalam melakukan pekerjaan yang sesuai dengan profesinya. dalam pengertian kedua ini,istilah profesionalan sering dipertentangkan dengan istilah non-profesionalan atau amatiran.

“Profesionalisme” menunjukkan kepada sikap para anggota suatu profesi untuk meningkatkan kemampuan profesionalnya dan terus-menerus mengembangkan strategi-strategi yang digunakannya dalam melakukan pekerjaan yang sesuai dengan profesi.

“Profesionalitas” mengacu kepada sikap para anggota suatu profesi terhadap profesinya serta derajat pengetahuan dan keahlian yang meraka miliki dalam rangka melakukan pekerjaannya.

“Profesionalisasi” menunjukan pada proses peningkatan kualifikasi maupun kemampuan para anggota suatu profesi dalam mencapai criteria yang standar dalam penampilannya sebagai anggota suatu profesi. keprofesinalisasi pada dasarnya merupakan serangkaian proses pengembangan keprofesionalan, baik dilakukan melalui pendidikan /latihan pra-jabatan (pre-service training) maupun pendidikan/latihan dalam jabatan (in-service training).oleh sebab itu, profesionalisasi merupakan proses yang berlangsung sepanjang hayat dan tanpa henti.

DAFTAR PUSTAKA

Prayitno (1987). Profesionalisasi Konseling dan Pendidikan Konselor. Jakarta: P2LPTK.

About these ads
Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: